Skip to main content

Mencari Perlengkapan Jahit Tas di Tanah Abang dan Depok


Mencari Perlengkapan Jahit Tas di Tanah Abang dan Depok

Tanah Abang. Atau tepatnya Pusat Perbelanjaan Tanah Abang. Mendengarnya saja sudah pastinya akan menarik hati. Banyak pengalaman penarik jika berkunjung ke sana, selain tempatnya yang luas, juga banyak sekali yang bisa dilihat. Sehari atau dua hari Abah pikir masih belum bisa memuaskan rasa keingintahuan apa saja yang dijual di sana.

Kali ini Mama Hamzi ingin ditemani ke tempat yang menjual perlengkapan untuk menjahit tas handmade di kawasan sekitar Tanah Abang. Hanya berbekal browsing di internet, ada dua nama toko yang patut dicari, yaitu toko Sylvania Aksesoris untuk aksesoris tas dan toko Alya Tex di Blok B.

Beruntung sekali tempat tinggal Abah tidak jauh dari stasiun Depok, jadi sudah jelas pergi ke Tanah Abang dengan moda transportasi KRL. Yang perlu diketahui tentang Stasiun Tanah Abang ini adalah untuk keluar kita perlu naik turun tangga dua kali. Pertama, saat dari peron ke atas dahulu untuk tapping kartu keluar, dan kedua, turun tangga saat akan keluar dari stasiun. Sangat berguna sekali jika membekali diri dengan troli lipat, karena perjalanan ke Blok A/B Tanah Abang dari stasiun masih sekitar 500-700 meter lagi. Pastinya tidak ingin kan saat pulangnya menenteng belanjaan berat sepanjang jalan itu, dan ditambah mesti naik turun tangga hingga ke peron. Abah pernah mengalaminya, dan sungguh pegalnya luar biasa.
aksesoris tas tanah abang
troli lipat beroda

Toko Sylvania bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Letaknya di sepanjang jalan K.H. Mas Mansyur, tepat di ujung jalan Kebon Kacang V, dan hebatnya lagi saat Abah dan Mama Hamzi menyisir jalan itu tidak terihat papan namanya sehingga wajar saja terlewati.

aksesoris tas tanah abang

aksesoris tas tanah abang
Blok A/B Tanah Abang dari ujung Jl, Kebon Kacang V
Mulai dari Toko Sylvania Aksesoris ini bergerak ke arah Jl. Kebon Kacang VI, bisa dijumpai juga toko aksesoris tas yang lainnya, seperti 888, Kharisma dan New Sunjaya.

Yang menarik, tepat di sebelahnya (dipisahkan oleh Jl. Kebon Kacang V) ada toko yang sangat rekomendasi sekali untuk membeli bahan kulit sintetis ataupun bahan tas kain plastik maupun yang waterproof. Nama tokonya Soember Baru. Staffnya sangat ramah dan mau membantu, hanya saja pembelian minimal 5 meter di sini. Tetapi tenang saja, bisa dicampur kok.
jual bahan tas kulit sintetis

Belanja boleh, tetapi jangan lupa untuk sholat. Tepat di seberangnya ada masjid Al-Makmur yang bersejarah itu. Jika lapar, bisa mengisi perut di gang samping masjid yang teduh. Oh iya, di sekitaran masjid ini banyak juga toko yang berjualan karpet dan juga perlengkapan haji serta oleh-olehnya.
Masjid Al-Makmur tidak jauh dari Blok A/B Tanah Abang

Abah dan Mama Hamzi selanjutnya masuk ke gedung Blok A untuk mencari bahan kain kanvas. Turun ke basement 2 dan menelusuri hingga ke los F tempatnya toko Alya Tex. Banyak bahan kanvas dan katun bergulung-gulung. Lucu sekali jika dipikir, tokonya penuh dengan kain, dan penjualnya berdiri di luar. Memang begitu semua pedagang di sana sepertinya. Selain itu bisa juga dikunjungi toko Suryadi Tekstil di los B masih di Basement 2 untuk koleksi kain katun Jepangnya. Baik Los B dan F ini letaknya agak di belakang, jadi mesti sabar menelusuri dari mulai los A, C dan D.
aksesoris tas tanah abang
Aksesoris untuk jahit tas. Kecil-kecil tapi banyak dan berat pastinya.
Beralih ke Depok, di sekitaran tempat tinggal Abah ada dua toko offline dan dua toko online yang sering dikunjungi Mama Hamzi. Toko Basamo dan Toko MuTi nama kedua toko offlinenya.
toko perlengkapan jahit tas di depok

toko perlengkapan jahit tas di depok
Toko Basamo di Depok
toko perlengkapan jahit tas di depok

toko perlengkapan jahit tas di depok
Toko MuTi di Depok
Jika mencari kain motif lebih banyak pilihannya di toko Basamo, ini favorit Mama Hamzi karena dekat dengan pasar dan klinik BPJS, tiap keluar rumah disempatkan menengok apa ada kain motif yang terbaru. Sedangkan toko MuTi menyediakan apa yang tidak ada di toko Basamo, begitu kata Mama Hamzi.

Nah untuk dua toko online nya adalah Toko Kain Fonz dan Ayaran Craft. Kedua pemiliknya sangat ramah, asalkan jika sedang ada di tempat.

Kata penutup, jika sudah hobby, dan semua mudah dicari, jadi semakin bersemangat berkreasi. Tinggal Abah ini yang tangannya masih pegal sehabis bawa barang.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Membuat Backdrop (Background) Panggung Dengan Photoshop

Cara cepat membuat backdrop (background) panggung Pertengahan bulan lalu di komplek kediaman Abah diadakan acara Halal bihalal. Penyewaan tenda dihubungi, ibu-ibu rapat perihal konsumsinya bagaimana dan lapangan dibersihkan. Dana segera dikumpulkan. Semua dimudahkan, ada uang tinggal bayar. Mendekati hari-H baru tersadar untuk backdrop panggungnya belum ada. Bergeraklah Abah ke percetakan digital. Berhubung tidak bisa desain, langsung meminta petugasnya untuk men-desain. Hanya tulisan saja, kok. Tidak repot. Tapi...dilihat di layar monitor, seperti tidak bernyawa. Hanya tulisan saja 😑.. Abah langsung berpikir untuk mencoba men-desain sendiri secara sederhana saja. Program photoshop sudah ada di laptop. Google dan Youtube pasti banyak informasinya. Okay..let's begin. 1.  Buat ukuran image backdrop yang diinginkan. Open File --> New. Pilih ukuran backdrop yang diinginkan, untuk cerita Abah ini rencananya panjang 3m (300cm) dan lebar 1,3m (130cm). Resolution 72 Pixel/In

Membuat SKCK di Depok (online)

Sebelum mulai, Abah ingin memberitahu dulu apa itu SKCK. Terakhir yang Abah tahu namanya adalah Surat Keterangan Kelakuan Baik (pernah buat saat lulus SMA dahulu - entah tahun berapa itu). Sekarang istilahnya menjadi Surat Keterangan Catatan Kepolisian, disingkat SKCK. Sebelum mendatangi POLRES, ada baiknya memanfaatkan SKCK online. Karena di POLRES Depok melayani SKCK secara online. Dari pada masih sibuk di lokasi mengisi form online via smartphone, lebih elok jika kita menyiapkan sebelumnya. Untuk wilayah domisili Depok bisa langsung daftarkan email dan username di web ini  http://polrestadepok.skckonline.id/ . Isi formnya, dan jika sudah selesai semuanya, halaman akan menampilkan kode pengajuan. Screen capture halaman tersebut (bisa di print atau ditunjukkan layar smartphone kita pada petugas pendaftaran nanti). kode pengajuan form online OK. Siap sudah. Besok pagi siap berangkat ke POLRES Depok. Berikut syarat-syarat dokumen yang mesti dibawa. Maaf, fotonya agak kur

Cara Memasukkan Foto dalam Frame Template (dengan Photoshop)

Hari ini Abah mendapatkan permintaan dari Mama Hamzi untuk membuatkan flyer acara pameran yang akan diikuti Mama Hamzi di akhir November ini. Frame template nya sudah disediakan oleh panitia, tinggal dimasukkan foto produk dan nama brand. Itu saja. That's all there is to it. Idiom bahasa Inggris nya. Mudah aplikasinya, tapi Abah langsung berpikir bagaimana caranya supaya foto produk harus ada di belakang frame dan bisa diatur besar nya sesuai ukuran frame. Tidak bisa asal cut, copy dan paste di frame. Lebih logis memang jika frame di depan dan foto produk di belakang mengikuti ukuran frame. Baiklah kalau begitu. Kita mulai saja. 1. Buka file frame template yang dimaksud. File - Open. 2. Pilih koleksi tool di panel paling kiri dengan Polygonal Lasso Tool. 3. Dengan tool tersebut pilih frame yang akan kita tempatkan foto produk nanti. Klik kanan pada pilihan, lalu klik Layer Via Cut. Pada panel sebelah kanan akan muncul Layer 1. 4. Kali ini kita buka f