Skip to main content

Cara Cepat Membuat Watermark Pada Banyak Foto Sekaligus

Cara Cepat Membuat Watermark Pada Banyak Foto Sekaligus


Awal bulan lalu, Mama Hamzi yang sedang sibuk dengan kegiatan workshop menjahitnya, meminta bantuan Abah untuk membuatkan dokumen tutorialnya. Mama Hamzi yang praktek, dan Abah berlagak seperti wartawan yang meliput dengan berbekal kamera dan handphone untuk merekam suara.

Sudah terbayang di kepala Abah bagaimana editing foto tutorialnya supaya mudah diikuti dengan menambahkan keterangan dan panah-panah penunjuk. Hmm...mesti belajar cepat CorelDRAW nih.

(Cara belajar cepat juga saat mesti membuat backdrop panggung halal bihalal yang lalu, bisa dilihat di post tulisan cara-cepat-membuat-backdrop-background)

Setelah semua editing foto selesai, ternyata Mama Hamzi ingin supaya ada watermark di tiap fotonya untuk tanda kepemilikan foto. Fotonya ada lumayan banyak, dan tidak mungkin memberi watermark nya satu persatu. Setelah browsing info, Abah mendapatkan dua cara cepatnya. Pertama dengan picasa, dan yang satunya lagi dengan Photoshop.

Jika ingin memberikan watermark secara cepat tanpa perlu membuat tulisan dengan gaya yang macam-macam sesuai keinginan kita, Picasa bisa diandalkan. Sederhana. Sedangkan untuk font huruf yang customized bisa dicoba dengan Photoshop.

Picasa.

1. Import file foto 
cara memberi watermark pada foto

Open File --> Import From.
Pilih file foto-foto yang akan diedit pada menu Import From dengan bantuan menahan (hold down) tombol shift.
Tentukan pula pada folder apa hasil import nya nanti pada menu Import to.

2. Highlight semua file foto dan import all.
cara memberi watermark pada foto
File foto yang akan diedit disimpan oleh Picasa di folder baru yang tadi dibuat. (Nama folder "satu" dalam contoh ini)
cara membuat watermark foto

3. Mulai memberi watermark
    Pilih semua file foto, lalu open File --> Export Picture to Folder.
cara membuat watermark foto

    Beri lokasi folder dan nama folder baru untuk file hasil editingnya. Dan checkmark box Add watermark dan isikan kata-katanya. Lalu klik Export.

4. Cek hasil di folder baru.
cara membuat watermark foto

cara membuat watermark foto
     Picasa memberikan default tulisan seperti pada gambar, dan posisinya di sudut kanan bawah. Bagusnya adalah, watermark berwarna putih atau hitam tergantung warna backgroundnya.

Photoshop.

1. Pilih salah satu foto sebagai master awal. 
cara memberi watermark pada foto

    Klik tombol Action (lihat panah), lalu Create new action (lihat panah lingkaran) dan beri nama. Pada contoh diberi nama "watermark". Klik Record dan tombol record akan menyala. Jadi seperti merekam satu pekerjaan pada foto master dan hasil rekamannya dipakai untuk melakukan hal yang sama pada foto-foto yang lainnya. Sangat menghemat waktu bukan? Macam copy dan paste lah.

2. Membuat text
Klik shortcut button huruf "T" di sebelah kiri, dan masukkan text yang diinginkan beserta tipe font dan ukurannya. Untuk sementara bebas saja dulu posisi text nya.
cara memberi watermark pada foto

3.  Memposisikan text watermark.
Supaya seimbang posisi text pada keseluruhan horisontal dan vertikal gambarnya, bisa dengan open menu Edit --> Free Transform, atau dengan memilih (select) kedua layer, maka button Free Transform akan mucul di atas.
cara memberi watermark pada foto
    
4.  Membuat transparan text watermark.
Open menu Layer --> Layer Style --> Bevel & Emboss atau dengan klik tombol "fx" di bagian kanan bawah.
cara memberi watermark pada foto
Silakan bermain pada angka di opacity dan fill.
cara memberi watermark pada foto

5.  Stop recording.
     Buka kembali menu Action, lalu klik stop (tombol persegi). Tutup file editing foto, tidak usah di save.

6.  Sekarang mulai membuat watermark untuk foto-foto lainnya.
     Buka menu File --> Automate --> Batch    
cara memberi watermark pada foto

 Perhatikan yang dilingkari merah, foto-foto yang akan diberi watermark ditempatkan pada source folder, dan hasilnya nanti bakal ditaruh di destination folder (buat folder baru). Klik OK dan biarkan prosesnya berjalan, hingga muncul pop up window untuk save file hasil jadinya satu persatu.
cara memberi watermark pada foto
Lebih baik pilih dalam format psd terlebih dahulu, agar mudah jika ada hasil foto dengan watermark yang masih tidak sesuai dengan harapan.
cara memberi watermark pada foto
Ini yang sudah sesuai harapan.

cara memberi watermark pada foto

 Ini yang masih perlu perbaikan, dikarenakan master file fotonya adalah hasil crop, jadi otomatis tulisan watermark nya jadi membesar.

7. Save semua file satu persatu.
Untuk hasil yang lebih kecil, buka menu File --> Save for Web...
Ukuran file dari yang awalnya 14.1M hanya sekitar 750.4K

cara memberi watermark pada foto

8. Alhamdulillah, lapor ke Mama Hamzi kalau sudah selesai.


    




Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Membuat Backdrop (Background) Panggung Dengan Photoshop

Cara cepat membuat backdrop (background) panggung Pertengahan bulan lalu di komplek kediaman Abah diadakan acara Halal bihalal. Penyewaan tenda dihubungi, ibu-ibu rapat perihal konsumsinya bagaimana dan lapangan dibersihkan. Dana segera dikumpulkan. Semua dimudahkan, ada uang tinggal bayar. Mendekati hari-H baru tersadar untuk backdrop panggungnya belum ada. Bergeraklah Abah ke percetakan digital. Berhubung tidak bisa desain, langsung meminta petugasnya untuk men-desain. Hanya tulisan saja, kok. Tidak repot. Tapi...dilihat di layar monitor, seperti tidak bernyawa. Hanya tulisan saja 😑.. Abah langsung berpikir untuk mencoba men-desain sendiri secara sederhana saja. Program photoshop sudah ada di laptop. Google dan Youtube pasti banyak informasinya. Okay..let's begin. 1.  Buat ukuran image backdrop yang diinginkan. Open File --> New. Pilih ukuran backdrop yang diinginkan, untuk cerita Abah ini rencananya panjang 3m (300cm) dan lebar 1,3m (130cm). Resolution 72 Pixel/In

Membuat SKCK di Depok (online)

Sebelum mulai, Abah ingin memberitahu dulu apa itu SKCK. Terakhir yang Abah tahu namanya adalah Surat Keterangan Kelakuan Baik (pernah buat saat lulus SMA dahulu - entah tahun berapa itu). Sekarang istilahnya menjadi Surat Keterangan Catatan Kepolisian, disingkat SKCK. Sebelum mendatangi POLRES, ada baiknya memanfaatkan SKCK online. Karena di POLRES Depok melayani SKCK secara online. Dari pada masih sibuk di lokasi mengisi form online via smartphone, lebih elok jika kita menyiapkan sebelumnya. Untuk wilayah domisili Depok bisa langsung daftarkan email dan username di web ini  http://polrestadepok.skckonline.id/ . Isi formnya, dan jika sudah selesai semuanya, halaman akan menampilkan kode pengajuan. Screen capture halaman tersebut (bisa di print atau ditunjukkan layar smartphone kita pada petugas pendaftaran nanti). kode pengajuan form online OK. Siap sudah. Besok pagi siap berangkat ke POLRES Depok. Berikut syarat-syarat dokumen yang mesti dibawa. Maaf, fotonya agak kur

Cara Memasukkan Foto dalam Frame Template (dengan Photoshop)

Hari ini Abah mendapatkan permintaan dari Mama Hamzi untuk membuatkan flyer acara pameran yang akan diikuti Mama Hamzi di akhir November ini. Frame template nya sudah disediakan oleh panitia, tinggal dimasukkan foto produk dan nama brand. Itu saja. That's all there is to it. Idiom bahasa Inggris nya. Mudah aplikasinya, tapi Abah langsung berpikir bagaimana caranya supaya foto produk harus ada di belakang frame dan bisa diatur besar nya sesuai ukuran frame. Tidak bisa asal cut, copy dan paste di frame. Lebih logis memang jika frame di depan dan foto produk di belakang mengikuti ukuran frame. Baiklah kalau begitu. Kita mulai saja. 1. Buka file frame template yang dimaksud. File - Open. 2. Pilih koleksi tool di panel paling kiri dengan Polygonal Lasso Tool. 3. Dengan tool tersebut pilih frame yang akan kita tempatkan foto produk nanti. Klik kanan pada pilihan, lalu klik Layer Via Cut. Pada panel sebelah kanan akan muncul Layer 1. 4. Kali ini kita buka f