Skip to main content

Membuat SKCK di Depok (online)

cara buat skck

Sebelum mulai, Abah ingin memberitahu dulu apa itu SKCK. Terakhir yang Abah tahu namanya adalah Surat Keterangan Kelakuan Baik (pernah buat saat lulus SMA dahulu - entah tahun berapa itu). Sekarang istilahnya menjadi Surat Keterangan Catatan Kepolisian, disingkat SKCK.

Sebelum mendatangi POLRES, ada baiknya memanfaatkan SKCK online. Karena di POLRES Depok melayani SKCK secara online. Dari pada masih sibuk di lokasi mengisi form online via smartphone, lebih elok jika kita menyiapkan sebelumnya. Untuk wilayah domisili Depok bisa langsung daftarkan email dan username di web ini http://polrestadepok.skckonline.id/. Isi formnya, dan jika sudah selesai semuanya, halaman akan menampilkan kode pengajuan. Screen capture halaman tersebut (bisa di print atau ditunjukkan layar smartphone kita pada petugas pendaftaran nanti).

cara buat skck
kode pengajuan form online

OK. Siap sudah. Besok pagi siap berangkat ke POLRES Depok. Berikut syarat-syarat dokumen yang mesti dibawa. Maaf, fotonya agak kurang tajam, karena Abah mengambil fotonya langsung dari info dinding di POLRES.

cara buat SKCK
persyaratan SKCK

Catatan sedikit, untuk fotocopy KK tolong diperhatikan ada tanda tangan kepala keluarganya yah. Selain persyaratan di atas, persiapkan pula uang Rp. 30.000 untuk dana PNBP. Walau tidak diberikan tanda terimanya, tetapi jangan khawatir, memang sudah ada undang-undangnya.
cara buat skck di depok
peraturan perihal biaya

Abah berangkat dari rumah jam 8 pagi, berharap supaya bisa dapat parkir motor di POLRES Depok. Karena parkiran motor di sana cepat sekali penuh. Untuk berjaga-jaga, Abah parkir motor di RS Mitra Keluarga Depok yang tepat sebelum POLRES Depok. Begitu masuk gerbang POLRES sudah langsung terlihat bangunan tempat pembuatan SKCK. Dan memang saat itu sangat ramai, karena sedang ramai-ramainya pendaftaran CPNS. Mayoritas anak-anak muda, yang seumuran Abah bisa dihitunglah dengan jari.
cara buat skck online
parkir motor dan bangunan pembuatan SKCK

cara buat skck
alur prosesnya

Pada alur bagian pendaftaran, untuk mempercepat proses, bagi yang baru pertama kali membuat SKCK bisa langsung ke bagian pengambilan sidik jari terlebih dahulu. Letaknya di sebelah kanan dari pintu utama bangunan. Di sana akan dibagikan blanko untuk diisi, dan juga tempelkan dua lembar foto 4x6.
cara buat skck online
contoh pengisian blanko

Yang sering terlupa diisi, nama, alamat lengkap dengan RT, RW, kelurahan dan kelurahan serta tanda tangan. Bawa pula lem dan pulpen tentunya. Proses nya sejak kita diambil sidik jari hingga dapat kartu rumus sidik jari kurang dari 10 menit, tetapi jika antrian nya banyak yah siap saja menunggu hingga nama kita dipanggil.

cara buat skck online
ambil sidik jari

Berhubung yang diambil sidik jarinya ke sepuluh jari kita, Abah sarankan semua dokumen disimpan dalam tas. Pasti tidak enak saat cuci tangan, dokumen kita terkena tinta dari jari. Ingat loh..ini tinta pada semua jari di kedua tangan.

Begitu selesai, kartu rumus sidik jari (tidak boleh hilang, dan berlaku selamanya) tersebut kita fotocopy untuk dilampirkan dengan persyaratan dokumen yang lain. Tenang, ada fotocopy di dalam. Dokumen dicek di loket 1 pendaftaran, sekaligus bayar biaya Rp. 30.000. Ambil nomor antrian, dan tinggal tunggu nama kita dipanggil. Proses sejak dokumen masuk, hingga SKCK terbit, juga tidak sampai 10 menit. Tapi, sekali lagi, berhubung ramai, antrian cukup panjang di depan loket pendaftaran.
cara buat skck
antrian pengecekan dokumen depan pintu sudah ramai

Jika sudah selesai, bisa pula dilegalisir, dan tidak dipungut biaya lagi, kecuali biaya fotocopy tentunya. Salut dengan POLRES Depok pada khususnya dan POLRI pada umumnya. BRAVO.

Comments

ken said…
tulisan daftarnya dimana...gak ketemu ni

Popular posts from this blog

Cara Cepat Membuat Backdrop (Background) Panggung Dengan Photoshop

Cara cepat membuat backdrop (background) panggung Pertengahan bulan lalu di komplek kediaman Abah diadakan acara Halal bihalal. Penyewaan tenda dihubungi, ibu-ibu rapat perihal konsumsinya bagaimana dan lapangan dibersihkan. Dana segera dikumpulkan. Semua dimudahkan, ada uang tinggal bayar. Mendekati hari-H baru tersadar untuk backdrop panggungnya belum ada. Bergeraklah Abah ke percetakan digital. Berhubung tidak bisa desain, langsung meminta petugasnya untuk men-desain. Hanya tulisan saja, kok. Tidak repot. Tapi...dilihat di layar monitor, seperti tidak bernyawa. Hanya tulisan saja 😑.. Abah langsung berpikir untuk mencoba men-desain sendiri secara sederhana saja. Program photoshop sudah ada di laptop. Google dan Youtube pasti banyak informasinya. Okay..let's begin. 1.  Buat ukuran image backdrop yang diinginkan. Open File --> New. Pilih ukuran backdrop yang diinginkan, untuk cerita Abah ini rencananya panjang 3m (300cm) dan lebar 1,3m (130cm). Resolution 72 Pixel/In

Cara Memasukkan Foto dalam Frame Template (dengan Photoshop)

Hari ini Abah mendapatkan permintaan dari Mama Hamzi untuk membuatkan flyer acara pameran yang akan diikuti Mama Hamzi di akhir November ini. Frame template nya sudah disediakan oleh panitia, tinggal dimasukkan foto produk dan nama brand. Itu saja. That's all there is to it. Idiom bahasa Inggris nya. Mudah aplikasinya, tapi Abah langsung berpikir bagaimana caranya supaya foto produk harus ada di belakang frame dan bisa diatur besar nya sesuai ukuran frame. Tidak bisa asal cut, copy dan paste di frame. Lebih logis memang jika frame di depan dan foto produk di belakang mengikuti ukuran frame. Baiklah kalau begitu. Kita mulai saja. 1. Buka file frame template yang dimaksud. File - Open. 2. Pilih koleksi tool di panel paling kiri dengan Polygonal Lasso Tool. 3. Dengan tool tersebut pilih frame yang akan kita tempatkan foto produk nanti. Klik kanan pada pilihan, lalu klik Layer Via Cut. Pada panel sebelah kanan akan muncul Layer 1. 4. Kali ini kita buka f